Cara menghidupkan mobil yang tidak bisa distarter

RegendNews – Jika kamu memiliki masalah dengan mobil yang tidak bisa distarter, jangan khawatir! Kami punya beberapa cara untuk mengatasi masalah ini. Beberapa penyebab yang mungkin menyebabkan mobil tidak bisa distarter, antara lain:

  1. Aki lemah atau habis
  2. Kabel aki kendor atau konslet
  3. Kopling tidak lengkap atau tidak ditekan sampai habis
  4. Busi rusak atau kotor
  5. Bahan bakar habis atau kotor
  6. Sensor kelistrikan rusak
  7. Starter rusak

Masalah Aki

Aki lemah atau habis

Aki lemah atau habis dapat menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter. Kamu dapat memeriksa aki dengan menggunakan alat ukur voltage meter. Pastikan voltage yang terukur mencapai minimal 12 volt. Jika voltage yang terukur di bawah 12 volt, kemungkinan besar aki sudah habis dan harus diganti.

Kabel Aki Kendor atau Konslet

 

Kabel aki yang kendor atau konslet dapat membuat arus listrik tidak mengalir dan menyebabkan mobil tidak bisa distarter. Pastikan kabel aki terpasang dengan baik dan tidak kendor. Jika kabel aki terlihat konslet, kamu dapat memotong bagian yang konslet dan menyambungkan kabel tersebut kembali dengan kawat tembaga yang kuat.

Kopling Tidak Lengkap atau Tidak Ditekan Sampai Habis

 

Jika kopling tidak lengkap atau tidak ditekan sampai habis, mobil tidak dapat distarter. Pastikan kamu sudah menekan kopling sampai habis saat akan menghidupkan mobil.

Busi Rusak atau Kotor

 

Busi rusak atau kotor dapat menyebabkan mobil tidak bisa distarter. Kamu dapat memeriksa kondisi busi dengan melepasnya dari mesin. Pastikan bagian ujung busi tidak kotor dan sudah sesuai dengan nilai spesifikasi yang dibutuhkan.

baca juga:  Penyebab dan Cara Mengatasi Motor PCX Tidak Bisa Distarter¬†

Bahan Bakar Habis atau Kotor

Bahan Bakar Habis atau Kotor

Bahan bakar habis atau kotor dapat membuat mobil tidak bisa distarter. Periksa kembali isi tangki bahan bakar dan pastikan bahan bakar yang digunakan sudah dalam kondisi yang baik dan bersih.

Sensor Kelistrikan Rusak

 

Sensor kelistrikan rusak dapat menyebabkan mobil tidak bisa distarter. Kamu dapat memeriksa kondisi sensor kelistrikan dengan mengukur dan memeriksa setiap sensor yang ada. Pastikan sensor dalam kondisi yang baik dan tidak rusak.

Starter Rusak

 

Jika mobil masih tidak bisa distarter setelah memeriksa hal-hal di atas, kemungkinan besar starter mobil yang rusak. Kamu dapat membawa mobil ke bengkel untuk diperbaiki atau memanggil montir untuk datang ke tempatmu.

Jadi, itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi masalah mobil yang tidak bisa distarter. Pastikan kamu memeriksa semua hal yang mungkin menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter sebelum membawa mobil ke bengkel atau memanggil montir. Semoga informasi ini dapat membantu kamu mengatasi masalah mobil yang tidak bisa distarter. Terimakasih telah membaca artikel ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *